Hari Kemerdekaan Indonesia.. Pedulikah Kita?

Posted Kamis, 22 Agustus 2013 by Unknown

Selamat ulang tahun Indonesia...!!!

Hari kemerdekaan Indonesia adalah hari dimana Ir. Soekarno berpidato menyatakan kemerdekaan Indonesia di tempat kediamannya di Jakarta. Hari kemerdekaan Indonesia harus kita ingat selalu dan seumur hidup. Bagaimana cara memperingatinya? Biasanya di perumahan saya, diadakan tirakatan pada tanggal 17 Agustus tepat. Tirakatan itu sama dengan kumpul-kumpul dalam tema memperingati hari kemerdekaan bangsa kita. Makan bersama, menyanyi lagu kemerdekaan bersama, dan lain sebagainya juga kita dapat dalam tirakatan.
Namun di perumahan saya waktu saya masih kecil, untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia diadakan kegiatan lain selain tirakatan. salah satu contohnya adalah mengadakan lomba-lomba untun anak-anak juga orang dewasa. Untuk anak-anak diadakan lomba makan krupuk, estafet kelereng, balap karung, estafet ikan, dan perlombaan-perlombaan yang sering kita adakan saat hari ulang tahun Indonesia. Untuk orang dewasa diadakan lomba membuat tumpeng, lomba make up, dan lain sebagainya. Sangat mengasyikan bukan? namun sayangnya di perumahan saya yg sekarang sudah tidak ada lomba seperti itu lagi.
Di perumahan saya yang dulu juga diwajibkan memasang bendera indonesia di depan rumah kita masing-masing. Itu adalah salah satu wujud kita memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Dulu pada hari kemerdekaan Indonesia, tidakkah kita sadar bahwa Indonesia dipenuhi dengan bendera merah putih di tiap gedungnya? Namun sekarang saya jarang melihat warna merah putih yang berkibar di tiap rumah. Saya berpikir apakah kita masih peduli pada bangsa kita ini?
Mengapa kita selalu meminta yang lebih pada negara ini, selalu protes akan ketidaknyamanan di negara ini, namun kita juga tidak melakukan bentuk kepedulian kita akan bangsa ini? Apakah sebegitu sibuknya hingga kita tidak sempat meluangkan waktu 5 menit saja untuk memasang bendera di depan rumah? Apakah sebegitu cueknya kita hingga kita merasa bahwa perlombaan 17an itu adalah sesuatu yang tidak penting? Mengapa kita hanya bisa menuntut pada bangsa ini namun kita tidak mau merelakan waktu sedikit saja untuk mengenang bangsa ini?

0 komentar:

Posting Komentar